Selasa, 19 November 2013

INVESTIGASI

Usia produktif pengguna jejaring sosial (facebook)


Tidak bisa dipungkiri Facebook (FB) menjadi jejaring sosial yang sangat popular saat ini. Dunia digital memaksa manusia tersedot perhatiannya pada FB. Semua gadget disusupi oleh FB. Hampir semua biodata selalu dicantumkan alamat FB.  Hampir dipastikan, pemilik HP dan pengguna internet takkan melewatkan setiap harinya tanpa membuka FB.
Sebagai sebuah situs, FB telah memainkan peran sebagai penghubung yang sangat cepat dan luas. Seperti dalam slogannya “Connect with friends faster, wherever you are” FB telah mendekatkan yang jauh dan menjadi jalan tercepat untuk “bertemu” dengan orang dimanapun saja. Namun dalam faktanya ditemukan kasus FB juga menjauhkan orang yang yang tadinya dekat.
Selain sebagai sebuah sarana berbagi dan saling terhubung, ada fenomena yang bisa kita potret dari FB salah satunya adalah fenomena sosial. Kata Jejaring Sosial tentu punya makna sosial yang bisa kita gali lebih jauh.
Saya tertarik dengan sebuah data yang saya peroleh dari insight fan page sebuah komunitas di FB, Komunitas Pohon Inspirasi (KPI). Dari insight yang disajikan di fan page tersebut tersaji sebuah grafik yang menarik untuk saya sedikit analisis, salah satunya Demographics yang memuat profil demografi pengguna FB. Profil demografi pada gambar di atas memuat jenis kelamin dan sebaran kelas umur. Grafik tersebut diperoleh dari data anggota fan page yang berjumlah 1.145 member pada 15 Desember 2011.
Apa yang bisa kita lihat. Sangat mudah meyimpulkan berdasarkan gambar di atas bahwa mayoritas pengguna FB itu wanita usia 25 – 34 tahun dengan prosentase 21 %, pada kasus fan page KPI. Uniknya, pengguna FB paling sedikit justru juga berasal dari kaum wanita. Wanita usia 45-54 sangat kecil prosentasenya  bergabung di grup ini yakni hanya  0.89%. Apakah ini juga merepresentasikan bahwa mereka juga tidak banyak menggunakan FB dalam aktifitas sehari-hari atau hanya tidak tertarik bergabung dengan fan page KPI. Ini perlu dianalisis lebih lanjut.
Mengapa wanita usia produktif (25-34 tahun) dalam kasus ini mendominasi? Apakah ini menggambarkan realitas pada umumnya pengguna FB. Tentu ini sangat menarik dilakukan peneltian dengan metode riset yang lebih tepat dengan sampel yang mewakili kondisi sosial masyarakat. Bila data ini dianggap mewakili pengguna FB di Indonesia akan menjadi potret yang menarik untuk dikaji.
Analisis sederhana yang coba saya sampaikan adalah, pertama, wanita lebih menyukai FB daripada pria (53%). Usia yang mendominasi pengguna FB adalah 25 – 34 tahun (37%) dan 18 -24 tahun (37%). Bisa juga dikatakan sebanyak 74% pengguna FB berada pada usia 18 – 34 tahun.
Dalam konteks sosial, wanita lebih membutuhkan sarana berkomunikasi untuk selalu terhubung dengan orang-orang dalam kehidupannyaWanita bisa jadi adalah kelompok yang lebih mudah berbagi apapun di FB daripada pria. Berbagi disini bisa berupa like (suka berlambang jempol), komentar, catatan, upload foto atau video atau  berbagi atau share posting. Benarkah? . Apakah ini sesuai dengan teori sosiologi? Semoga ada yang memberi masukan.
Analisis kedua, pengguna FB kebanyakan dari kelompok usia produktif. Semakin tua, orang semakin tidak tertarik dengan FB (atau tidak bisa pakai FB). Usia 18-34 dalam konteks masyarakat Indonesia didominasi oleh kalangan mahasiswa dan pekerja muda. Aktifitas utama pada usia tersebut adalah belajar dan menapaki masa awal dalam dunia kerja. Kelompok ini adalah kalangan melek teknologi dan haus dengan keingintahuan. Bagi kelompok ini FB juga menjadi tempat yang menarik untuk mencari teman, berbagi dan termasuk mencari peluang dan duit. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar